Cara Mengetahui Apakah iPhone Kemasukan Air Atau Tidak

Bagi Anda para pengguna produk Apple pastinya wajib tahu beberapa jenis kerusakan yang tidak ditanggung oleh garansi satu tahun oleh Apple. Salah satunya adalah jika perangkat iPhone atau iPod Anda mengalami kerusakan akibat tercemplung air atau ketumpahan cairan jenis lainnya. Khusus produk iPhone, sebagian besar produksi di atas tahun 2006 telah dilengkapi dengan indikator Liquid Contact Indicator (LCI). Indikator Kontak Cairan akan segera aktif demikian bersentuhan dengan air.

Sebelum terpapar dengan cairan, LCI umumnya akan berwarna putih atau perak. Namun jika perangkat iPhone Anda telah bersentuhan dengan air, indikator ini akan berubah menjadi merah. Perlu Anda ketahui, meskipun terpapar air belum tentu indikator lantas akan langsung berubah menjadi merah. Hal ini dikarenakan kondisi atau kelembaban suhu masih berada dalam batas toleransi persyaratan produk.

Untuk memeriksa LCI, Anda bisa mencari tahu dengan bantuan kaca pembesar dan penerangan lampu. Pada beberapa jenis iPhone, letak LCI berada pada posisi yang berbeda-beda. Sebagai contoh, untuk keluaran iPhone 5 series, 6 series, 7 series, 8 series, dan X series, Anda bisa mencarinya pada bagian samping kanan dari tampak depan iPhone. Sementara itu, untuk seri iPhone 4, 4S, 3G, dan 3GS bisa dicari pada bagian bawah dari tampak layar depan.

Apabila Anda tetap merasa khawatir akan adanya kerusakan akibat cairan meski indikator LCI tidak berubah menjadi warna merah sekalipun, kami sarankan agar Anda menghubungi Apple Care atau menjangkau bantuan dari penyedia layanan iPhone resmi.

Lakukan juga beberapa penanganan sendiri seketika perangkat iPhone Anda tercebur ke dalam air atau ketumpahan cairan. Beberapa diantaranya adalah non-aktifkan perangkat atau membilas hati-hati dengan air bersih jika sebelumnya terkena cairan kotor.

Untuk menghindari kerusakan lebih lanjut, segera keringkan ponsel Anda menggunakan lap atau tisu kering. Anda juga bisa menggunakan hair dryer atau membenamkannya dalam beras selama beberapa malam. Apabila langkah-langkah tersebut telah dilakukan dan perangkat tetap tidak dapat menyala, kami sarankan untuk segera membawanya ke service center resmi. (AS)

 
 
Ikuti terus informasi dan perkembangan seputar iPhone di iPhone Malang, iPhone Sidoarjo atau Service iPhone Malang, Service iPhone Sidoarjo